Rayakan Lebaran Betawi, Presiden RI di Sambut Palang Pintu

  • Whatsapp
foto :Ist
foto :Ist

Jakarta,Beritakotanews.com: Kemeriahan pesta lebaran Betawi menjadi semakin seru ketiuka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi hadir di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kemeriahan itu nampak saat kehadiran Presiden dan Ibu Negara disambut dengan dentuman petasan dan Palang Pintu.

Dalam sambutanya Jokowi mengatakan bahwa melestarikan dan merawat budaya lokal adalah hal yang penting. Sebab, Intervensi peradaban barat dari negara lain sedang terjadi.

“Merawat dan menjaga kearifan lokal, budaya, sangat penting sekali,” ujar Jokowi, Minggu (30/7/2017).

Presiden selanjutnya mengatakan bahwa Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan adalah bentuk atensi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terhadap pelestarian dan pengembangan budaya Betawi.

“Di sini dibangun sebuah pusat budaya Betawi yang tidak hanya rumah atau bangunannya. Tapi, ada keseniannya, di rumah-rumahnya ada kuliner khas Betawi, ada bir pletok juga” kata Jokowi.

Djarot Saiful Hidayat, Gubernur DKI yang mendampingi Presiden RI mengatakan, komitmen Presiden terhadap pelestarian dan pengembangan budaya Betawi sudah diwujudkan oleh Pemprov DKI.

“Komitmen beliau untuk melestarikan ornamen-ornamen, pemakaian baju adat, simbol, dan arsitektur Betawi sudah dilaksanakan,” Ujar Djarot.

Gubernur Djarot selanjutnya menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta juga telah menunjuk PBB Setu Babakan sebagai pusat pengembangan budaya Betawi sesuai keinginan Presiden ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Kami putuskan bersama Bamus Betawi, Lebaran Betawi setiap tahunnya dipusatkan di PBB Setu Babakan,” Kata Djarot.

Perayaan lebaran Betawi ini salah satu kegiatan untuk melestarikan budaya, dimana Betawi merupakan wilayah yang sangat penting karena sebagai ibukota negara, sehingga sebagai ibukota negara, Jakarta bisa sejajar dengan ibukota negara dinegara-negara didunia.(A-3)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *