Melalui Cinta Alam Indonesia (CAI), LDII Adakan Pembinaan Bagi Generasi Muda

  • Whatsapp
Foto : Bowo
Foto : Bowo

Depok, Beritakotanews.com: Lebih dari seratus Pemuda Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Cengkareng Jakarta Barat, mengikuti Camping Cinta Alam Indonesia (CAI) di Bumi Diklat Senkom Mitra Polri, Sawangan Depok, Jawa Barat, Sabtu-Ahad, 19-20/08-2017.

Kegiatan yang mengambil tema “Meningkatkan Karakter serta Moralitas Generasi Muda dengan Bercermin dari Alam” tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan generasi muda yang memiliki kepahaman agama, akhlakul karimah dan kemandirian.

Berbagai item kegiatan dihelat dalam kegiatan tersebut. Mulai dari pembekalan agama, shalat malam, lomba yel-yel, dll.

“Kegiatan ini salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan oleh LDII bagi generasi muda, didalam kegiatan CAI ini, lebih banyak pemantapan mental spiritual, nasehat agama dan tentu pembentukan karakter,” Ujar Abdurohman, paitia Cai 2017, Ahad,20/08/2017.

Drs. H. Nasrulloh Sulistya, pembina dan dewan penasehat DPD LDII, yang juga Dewan Penasehat MUI Kota Adm Jakarta Barat, yang ikut hadir mendampingi acara kegiatan Cinta Alam Indonesia (CAI, Cengkareng tahun 2017, dalam sambutan pembukaannya berharap agar kegiatan seperti ini, tetap diniati ibadah agar ada nilai pahalanya.

“Khubbul Wathon minal iman, cinta alam adalah sebagian dari iman, sehingga jika diniati untuk ibadah kepada Alloh tentu akan menjadi nilai pahala,” Jelas Nasrulloh Sulistya.

Kegiatan CAI ini bertujuan untuk pembinaan mental membentuk karakter yang profesional-religius dalam menghadapi era modern, lanjut Nasrullah Sulistya.

 

Serang Banten

Kegiatan serupa, juga dilakukan oleh LDII DPD Kota Serang Banten. Ratusan anak muda yang tergabung di Perkemahan Cinta Alam Indonesia ( CAI) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) DPD Kota Serang Banten, sangat antuisme.
Bertempat di Pondok Pesantren Mahasiswa “Achmad Al-Basyarie” Kota Serang Kecamatan Cipocok Jaya , ratusan peserta Camping CAI itu berkumpul pada event tahunan LDII ini. PPM Achmad Al-Basyarie bekerjasama dengan DPD LDII Kota Serang, kembali menggelar Perkemahan tahun Ajaran, dalam kemasan kegiatan Cinta Alam Indonesia CAI tahun 2017.
Kegiatan ini mengambil tema ” Kekeluargaan, Kerukunan Cinta Kasih Sesama Manusia dan Lingkungan”. Dan kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan DPD Kota Serang, dilaksanakan selama 3 hari, sejak Jum’at hingga Minggu (18 – 20 Agustus 2017).
Acara ini diawali sambutan oleh ketua DPD LDII Kota Serang, yakni H. Sunarto S.Pd.I. Beliau memberikan apresiasi kepada para peserta dan panitia perkemahan. Selain itu, Sunarto juga berpesan kepada seluruh generasi muda LDII agar memiliki jiwa yang agamis serta mendukung penuh terhadap terwujudnya NKRI dan pengamalan Pancasila.
Peserta perkemahan yang kesemuanya terdiri dari laki laki itu digembleng untuk meningkatkan kualitasnya sebagai pemuda. “Acara ini bertujuan untuk melahirkan generasi penerus yang akhlakul karimah, faqih, alim, mandiri dan memiliki wawasan kebangsaan dan mampu menjadi pengelola SDA yang profesional religious,” tegas H. Kabid Bagaskara selaku Koordinator Umum Panitia Permata CAI ini.
Pada acara itu dihadiri Ketua Kominfo kota Serang Drs. H. Hamsyin Syarbini,Msi dan ketua DPW LDII Provinsi Banten Edwin Sumiroza.
Tiap pagi harinya peserta berkeliling di kawasan perkemahan PPM Achmad Al-Basyarie untuk memungut sampah yang berserakan ini bentuk kepedulian terhadap lingkungan, khususnya memberi kenyamanan bagi warga sekitar PPM Achmad Al-Basyarie.
Masuk ke acara inti, yakni pembukaan Perkemahan Permata CAI 2017. Viktor Hardiyanto selaku Ketua Panitia CAI ini menyampaikan isi acara dimana, selain digelar  perkemahan event tahunan ini juga diisi dengan kegiatan lain.
“Nanti tidak hanya kemah saja, melainkan pembacaan Makalah dan nasehat agama untuk memotivasi para peserta” katanya.
Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Kominfo, Drs. H. Hamsyin Syarbini,Msi. Menurutnya, LDII sangat sistematis dalam menggelar program dan akuntabel dalam pelaporan.
“Tidak ada ormas lain yang seperti LDII,” tuturnya.
Ketua DPW LDII Provinsi Banten menjelaskan bahwa Permata CAI merupakan bentuk pembinaan generasi muda yang ada di dalam LDII, yang berkesinambungan.
“Dengan acara ini kita menargetkan lahirnya generasi penerus yang berakhlakul karimah, cinta lingkungan, memiliki wawasan kebangsaan, dan memiliki nasionalisme,” ujar Edwin Sumiroza.
Edwin selanjutnya mengatakan, perkemahan yang digelar oleh DPD LDII Kota Serang ini semata-mata sebagai ajang untuk mendidik generus menjadi pribadi yang mandiri dan lebih mengenal terhadap Allah SWT. Peserta juga dilengkapi dengan pembekalan kepribadian yang mengarah pada pribadi yang jujur, berjiwa bela negara serta anti narkoba.(Bowo,/A-3)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *