Kelantan, Negeri Wisata Kuliner di Malaysia

  • Whatsapp
Resep Lada Solok khas Negeri Kelantan ala Ci Gu, Ani.

Jika anda melancong ke Malaysia jangan lupa tuk singgah di negeri Kelantan, negeri kerajaan yang masih kental dengan nuansa Islamnya.

Negeri Kelantan bisa di singgahi dari Kuala Lumpur, ke Kota Bharu lebih kurang memakan waktu 1,5 jam penerbangan.

Teh Tarik khas Klantan

Jika menggunakan kendaraan darat, bisa memakan waktu 7 jam perjalanan. Namun jagan khawatir akan kebosanan dipeejalanan, karena sepanjang jalan darat, anda akan disuguhi panorama nan indah dari hijaunya rerumputan hutan kelapa sawit, atau sesekali nampak bebukitan kecil dengan rindangnya pelohonan hutan.

Sampai di Negeri Kelantan, suguhan khas yang akan anda nikmati pertama kali adalah secawan teh tarik panas dengan busa yang melimpah.

Meski tak beraroma menyengat pada umumnya teh seduh di negeri tetangga Indonesia, namun jika bibir anda sudah menempel ditepi cawan untuk menyeruput busa teh tarik, mulut serasa enggan untuk menariknya dari bibir cawan.

Tuan Haji Aziz, atau Encik Aziz, penduduk Negeri Kelantan, meski seorang Lowyer kenamaan, namun dalam urusan ramu meramu teh tarik, ia lah ahlinya.

Jika teh tarik sudah anda nikmati, selanjutnya anda akan berwisata kuliner dengan berbagai macam jenis masakan khas Negeri Kelatan, mulai dari nasi kerabu, nasi dagang, nasi pulut, hingga nasi lemak, berjejer disetiap ujung jalan.

Berbagai macam nasi yang beraneka macam nama, akan tersaji dengan lauk pauk nan ragam nama pula, dari bahan tradisional, hingga bahan daging ayam, ataupun daging sapi.

Dan yang paling lezat dari semua yang lezat, adalah lada solok. Jenis lauk yang hanya ada di negeri Kelantan.

Lada Solok, adalah salah satu dari sekian macam lauk pauk khas negeri Kelantan yang di olah dari bahan kelapa muda dengan di bungkus cabe besar dengan bumbu-bumbu tradisional setempat. Tentu akan penasaran jika sudah sampai ke Malaysia tidak singgah di negeri Kelantan untuk mencicipi lada solok.

Jangan khawatir jika anda tidak sempat singgah dan belum sempat mencicipinya, Hajah Ani, Seorang Pensiunan Kepala Sekolah di Negeri Kelantan berbagi resep untuk anda.

Inilah resep Lada Solok Ala Cik Gu Ani.

Bahan:

1. Buah Kelapa muda diambil dagingnya, kemudian diparut

2. Cabe Besar, di belah

3. Dan bahan bumbu dapur lainya

Cara Membuat:

Bumbu dapur, serai, lada, garam masing masing seukuran sendok, diuleg dengan kelapa muda yang sudah diparut, sehingga menjadi adonan. Selanjutnya adonan dimasukkan kedalam cabe yang sudah dibelah. Kemudian dikukus hingga matang.(AR)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *