Wacana Cyber Army MUI DKI Jakarta Panen Dukungan, Ini yang Disampaikan Waketum MUI Pusat

  • Whatsapp

Jakarta,Beritakotanews.com : Wacana KH.Munahar Muchtar, Ketua Umum MUI DKI Jakarta saat membuka rapat bidang Infokom tentang pembentukan tim infokom MUI DKI Jakarta semacam Cyber Army atau sejenis itu dalam rangka menangkal berita-berita yang bersifat fitnah, hoax dan adu domba, alias provokator, yang viral di media massa maupun medsos, bahkan terjadi pro kontra, mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan, termasuk dari Wakil Ketua Umum MUI Pusat, KH. Anwar Abas.

Sebagaimana yang diterima beritakotnews.com, KH. Anwar Abas menjelaskan melalui tulisannya, sebagi berikut: Seperti kita ketahui siber (cyber) adalah sesuatu yang berhubungan dengan sistem komputer dan informasi. Bahkan dalam perkembangannya dalam bahasa yang lebih ringkas, siber dapat diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan internet. Jadi kalau dilihat dari perspektif ajaran agama islam Hukum dasar membuat siber itu adalah halal atau boleh. Cuma persoalannya untuk apa siber tersebut dibuat dan dipergunakan. Kalau siber tersebut dibuat dan dipergunakan untuk menegakkan kebaikan dan kemashlahatan bagi umat dan bagi bangsa maka hal demikian tentu jelas merupakan sesuatu yang baik dan terpuji. Tapi kalau dipergunakan untuk sesuatu yang buruk dan bisa menciptakan suatu kemafsadatan maka tentu dia merupakan suatu hal yang terlarang dan tercela. Oleh karena itu kalau MUI DKI akan membuat sebuah siber tentu tidak ada masalah asal hal demikian dipergunakan untuk kebaikan dan kemashlahatan baik bagi masyarakat , umat dan bangsa serta negara . Bahkan menurut saya jika bisa seperti demikian keadaannya maka kita sebagai bagian dari umat dan bangsa tentu sangat patut untuk mendukungnya. Dan saya yakin serta percaya bahwa MUI DKI membuat siber tersebut adalah untuk hal demikian sehingga kita harapkan MUI DKI nantinya melalui siber yang dimilikinya akan bisa berbuat baik dan terbaik bagi umat bangsa dan negaranya dengan
melaksanakan satu tugas suci dan mulia dalam agama yaitu menegakkan dakwah amar maruf nahi mungkar artinya menyeru dan mengingatkan orang dan warga bangsa akan kebaikan dan mencegah mereka dari berbuat mungkar. Bila MUI DKI bisa melaksanakan tugas ini dengan baik maka kehadiran siber ini selain harus kita sambut gembira tapi kita juga sangat baik dan sangat patut untuk mendukungnya. Tks

Anwar abbas
Wakil ketua umum MUI.

Mendapat dukungan dari MUI Pusat, KH.Munahar Muchtar, mengaku bersyukur, bahwa apa yang diwacanakan bisa dimengerti oleh banyak pihak.

“Bersyukur, banyak yang mengerti apa yang kami maksudkan, artinya mereka juga merasakan apa yang kami rasakan, bahwa provokator adudomba melalui berita hoax, fitnah dan menyimpangkan kebenaran adalah hal yang perlu diluruskan, cara meluruskannya tentu ya dengan berita-berita positif, dengan menyampaikan kebenaran, apapun jika niatnya baik, untuk kemaslahatan umat, insa Allah, Allah akan menuntun, Allah akan membantu, maka jangan takut untuk menyampaikan kebenaran kepada sipapun,” Jelasnya.(fin)

Related posts