Peringati 74 Tahun Rapat Raksasa Ikada, Pemda DKI Adakan Upacara

  • Whatsapp

Jakarta, Beritakotanews.com : Memperingati 74 tahun, Rapat Raksasa Ikada, Anis Baswedan Gubernur DKI Jakarta bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam pidatonya Anies bicara tentang keadilan di peringatan kali ini.

Upacara Peringatan 74 tahun Rapat Raksasa Lapangan Ikada itu digelar di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2019) dengan para peserta jajaran pegawai di Pemprov DKI Jakarta, dan Ormas kepemudaan serta ormas kemasyarakatan.

Nampak dalam barisan berseragam hitam-hitam, Senkom Mitra Polri, dan beberapa ormas yang berseragam doreng, dari Banser, PP dan beberapa Ormas lainya.

“Hari ini kita mendengar 300 ribu orang berkumpul di Monas hal biasa tapi bayangkan tahun ’45, saat peristiwa itu terjadi. Apa yang membuat itu muncul? Sebulan sebelumnya ada kemerdekaan dideklarasikan, tak terbayangkan oleh kita” Ujar Anies Baswedan dalam pidatonya di podium kehormatan,Kamis,19/9/2019.

Anis Baswedan sedikit menceritakan peristiwa dimana pada saat itu, yaitu pada tanggal 19 September 1945, Rapat Raksasa Lapangan Ikada terjadi di Lapangan Ikada yang kini dikenal sebagai Monas. Dalam rapat itu, Presiden RI pertama Sukarno menyampaikan pidatonya yang sangat monumental. Mereka bergerak dan mengirimkan pesan bahwa yang ingin merdeka bukan hanya kaum terdidik. Tapi seluruh rakyat Indonesia menginginkan kemerdekaan, Ucap Bung Karno yang ditirukan Anis. (fin).

Related posts