Oblang Betawi, ala Hj.Suryati yang Maknyosss

  • Whatsapp
Hj. Suryani(Foto : fin)

Pernah makan Oblang? Atau malah baru denger nama makanan itu?

Oblang adalah jajanan khas tempo dulu yang sekarang jarang dikenal oleh kaum generasi millenial. Oblang Ketan Duren sangat digemari oleh warga Betawi karena aroma duren yang khas, yang terdiri dari kuah aroma duren dan ketan punel beserta fla durennya.

Keberadaan oblang biasanya berbarengan dengan datangnya musim duren.Rasa dan aromanya yang khas menjadi ciri. Meski sama-sama berbahan ketan, Oblang menjadi jajanan yang sering dicari saat musim duren.

Jika ingin menikmati tetapi susah mencarinya, Hj. Suryati membagikan resep yang bisa di praktekkan dirumah masing-masing.

Cara membuat oblang durian:

Ini oblang karya Hj.Nurul Badriyah, wangi dan legit (Foto: Fin).

Bahan-bahan
1 liter beras ketan putih
1 buah duren / durian
1/2 butir kelapa muda /tidak terlalu tua
secukupnya Garam
Gula merah 5 potong (sesuai selera).

” jika mau membuat oblangnya besok maka malamnya beras ketan di rendam selama 1 malam,” jelas hj.Suryati.

Setelah di rendam, ketan ditiriskan lalu kukus selama kurang lebih 20 menit. Ini kukus tahap 1.Setelah di kukus, angkat, lalu ketan disiram dengan air dingin. Sirami sampai rata.

Setelah disiram air dingin, masukkan lagi ketan ke dalam panci kukus, ini kukus tahap 2, beri garam sedikit aduk-aduk agar garam merata, kukus sampai mateng. Di selingi aduk-aduk agar matengnya merata. Kemudian siapkan wadah masukan santan dan garam aduk rata beri sedikit air campurkan ketan yang setengah matang kemudian kukus kembali hingga matang.

Siapkan panci masukan gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan aduk rata kemudian saring. (fin).

Related posts