Mamah Endang Susnaeni : Masak Apa Sore Ini? Pecak Ikan Alternatif yang Cocok untuk Berbuka

  • Whatsapp
Foto: Ist.

Jakarta, Beritakotanews.com: Sebagaimana biasanya, jika waktu sudah menunjukkan pukul 13.00 ibu-ibu sudah mulai gelisah pikiranya karena bingung mau masak apa untuk berbuka puasa. Kebingungan ibu-ibu tersebut bukan arti negatif, namun semata-mata ingin menyajikan menu yang istimewa, sehingga yang menikmati berbuka puasa akan merasa puas, senang dan gembira, sehingga pahala yang memasak pun tambah. Ujar Mamah Endang Susnaeni.

Untuk sore ini mamah Endang mengusulkan masak pecak ikan, disamping bahan-bahannya mudah didapat, bumbu dan cara mengolahnya sangat mudah, praktis dan rasanya seger. Inilah reswp sederhana pecak ikan ala mamah Endang Susnaeni.

Bahan-bahan : Ikan Cucut, atau sejenisnya. Bisa Juga Ikan mas.

Bumbu-bumbu:

– Bawang Putih secukupnya,

– Bawang merah secukupnya,

– Cabe cengis secukupnya.

– Garam secukupnya

Cara Mengolahnya:

Bumbu-bumbu tersebut diatas selain garam, direbus. Akan lebih nikmat lagi jika bawang putih, bawang merah dan cabenya direbusnya diatas nasi yang sedang ditanak.

Selanjutnya Ikan Cucutnya yang sudah di asap terlebih dahulu.

Cara mengolahnya:

Bawang putih, bawang merah, cabe, trasi diulek dibikin sambal. Selanjutnya ikan Cucut yang sudah diasap dimasukkan kedalam ulekkan sekaligus diuleg dengan garam secukupnya.

Jika sudah merata, ikan yang sudah diuleg dengan bumbu tersebut selanjutnya digoreng jika ingin gurih, tapi jika mengurangi kolestrol sebaiknya di rebus (diungkep) di panci yang ada penyaringnya.(fin).

Related posts