Kalsel Dilanda Banjir Lagi, Senkom Rescue Gercep

0
117

Kalsel , Beritakotanews.com :  Hujan deras mengguyur warga Kalimantan Selatan khususnya mereka umat Islam yang sedang melaksanakan sholat Idul Fitri. Sebagaimana dilansir newsbin, di sela-sela umat Islam sedang merayakan Ibadah Sholat Idul Fitri, hujan mengguyur di beberapa Kabupaten di Kalimantan Selatan, diantaranya Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu dan tanah Laut. Hujan lebat sejak kamis 13/5/2021 hingga terbesar pada sabtu15/5/2021. Demikian tulis Newsbin.

“Kali ini guyuran hujan terparah di Kabupaten Tanah Bumbu utamanya di Kecamatan Angsana dan Satui. pada Sabtu 15/05/2021,” Jelas personil Senkom Rescue Kalimantan Selatan.

Curah hujan yang cukup deras sejak H -1 Hari Raya Idul fitri (13/04) malam dini hari hingga H+2 bertepatan dengan hari kenaikan Isa Almasih bagi umat Kristiani, mengakibatkan sungai tak mampu menampung derasnya air ini, menggenang ribuan rumah warga.

Selain itu, air pun sempat memutus jalur Provinsi tepatnya di wilayah sungai setarap, perbatasan kecamatan Angsana dan Satui tepat pada saat Hari H Idul fitri. Sedangkan sungai yang meluas hingga merendam perkampungan adalah sungai danau.

Tercatat dari pantauan tim relawan setempat di posko Satui, termasuk dari Tim SENKOM Reacue yang di komandoi oleh Kepala Biro Penanggulangan Bancana (PB) SAR Agus Hariyanto dibantu 6 personil Senkom Sektor Satui, setelah mendapatkan mandat kedaruratan dari Ketua Senkom Mitra Polri Kalimanatan Selatan Untung Priyono, ST sebanyak 5308 jiwa terdampak banjir.

Disampaikan Kabiro PB SAR Senkom Kalimanatan Selatan Agus Haryanto, tim relawan setempat dan Senkom Rescue, bahwasanya Pemerintah Desa setempat telah menyalurkan bantuan logistik kepada warga yang terdampak banjir berupa beras Mie instan, telur, minyak goreng dan lain-lain.

“Senkom Rescue berkoordinasi dan bersinergi dengan tim relawan dan pemerintah setempat telah membantu evakuasi warga sekaligus menyalurkan bantuan logistik untuk korban banjir, berupa mie instan, beras, telur air mineral dan lain-lain”, terang Kabiro PB SAR Senkom Kalsel kepada media Sabtu (15/5) pagi.(berbagaibsumber).