Jakarta Barat Raih Juara Umum STQ tingkat Provinsi

  • Whatsapp
Kafilah Jakarta Barat meraih Juara Umum STQ ke 20 tahun 2020 tingkat Provinsi.(foto: zaen).

Jakarta, Beritakotanews.com: Untuk mempertajam dan dalam rangka pembinaan yang berkelanjutan bagi qori’ dan qoriah khususnya diwilayah Provinsi DKI Jakarta, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) tingkat Provinsi DKI Jakarta selenggarakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ).

Kegiatan Seleksi Tilawatil Quran tingkat Provinsi DKI Jakarta yang ke 26 yang diselenggarakan oleh Biro Pendidikan Mental Spiritual (Dikmental) bekwrjasama dengan LPTQ tingkat Provinsi berlangsung selama 3 hari dari sejak tanggal 8 hingga 11 Desember 2020.

Setelah melalui penjurian yang sangat ketat, para peserta yang masing-masing mewakili 5 utusan wilayah kota dan 1 kabupaten kepulauan seribu, Panitia STQ Provinsi DKI Jakarta tahun 2020 mengumumkan sebagai juara umum diraih Kafilah Jakarta Barat.

Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta menyelenggarakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Provinsi ke XXVI yang berlangsung selama empat hari dari tanggal 8-11 Desember 2020 secara online yang dipusatkan dari Gedung Graha Mental Spiritual Tanah Abang Jakarta Pusat.

Kepala Biro Dikmental DKI Jakarta, Muhammad Zen saat pembukaan STQ mengatakan seleksi tingkat Provinsi ini disiarkan langsung di gedung Graha Mental Spiritual secara online yang bisa disaksikan melalui youtube.

Sebagaimana yang dirilis beritajakarta, kepala Biro Dikmental Provinsi DKI Jakarta Muhammad Zaen yang berharap STQ ini sebagai wadah pembinaan bagi para qori, hafidz, dan mufasier.

“Jadikan STQ ini sebagai wadah pembinaan untuk menempa diri para Qori, Hafiz dan Mufasir serta juga mencintai Hadits Nabi melalui Musabaqah Hafalan Hadits,” kata Zen sapaan akrabnya saat membuka STQ tingkat Provinsi, Selasa (8/12).

Dalam laporannya, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) DKI Jakarta, Ahmad Rohimin mengatakan seleksi ini diikuti oleh 164 orang peserta dari tingkat kota maupun kabupaten. Diantarannya 22 peserta dari Jakarta Pusat, 22 peserta dari Jakarta Utara, 38 peserta dari Jakarta Barat, 39 peserta dari Jakarta Selatan, 31 peserta dari Jakarta Timur dan 12 peserta dari Kepulauan Seribu.

Selain itu, pada pembukaan kali ini pihaknya juga mengukuhkan 55 dewan hakim tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020. Dari 55 dewan hakim tersebut, terdiri dari satu ketua koordinator dewan hakim, satu sekretaris koordinator dewan hakim, 48 hakim dan lima orang panitera.

Adapun cabang atau golongan MTQ yang dilombakan antara lain:
1. Cabang Tilawah Alquran (terdiri dari dua golongan putra dan putri yakni dewasa dan anak-anak).
2. Cabang Hifzil Quran (terdiri dari lima golongan putra dan putri, satu juz + tilawah, 5 juz + tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz).
3. Cabang Tafsir Alquran (terdiri dari satu golongan putra dan putri dalam berbahasa Arab).
4. Cabang Hadist Nabi (terdiri dari dua golongan putra dan putri dengan hafalan 100 hadist).

“Semoga dari hasil STQ Tingkat Provinsi DKI Jakarta ini akan terlahir bibit dan kader terbaik yang akan mewakili Provinsi DKI Jakarta pada STQ Nasional XXVI Tahun 2020 di Maluku Utara, yang akan datang,” ujarnya.(beritajakarta).

Related posts