di Jakarta Barat ada Masjid Raya KH.Hasyim Asy’ari, di Jombang ada Museum Islam Indonesia KH.Hasyim Asy’ari

  • Whatsapp
Foto : Ist
Foto : Ist

Jombang, Beritakotanews.com: Dalam siaran Persnya, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang KH Salahuddin Wahid mengungkapkan, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan melakukan kunjungan ke Jombang, Selasa (18/12/2018). Dalam kunjungannya tersebut, mantan Walikota Solo ini akan bersilaturahmi dengan pesantren dan sekaligus meresmikan Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy’ari serta menziarahi makam pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari serta ziarah ke makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Sebagaimana dilansir beberapa media, KH. Salahuddin Wahid  mengatakan, kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Jombang, selain kunjungan kerja untuk meresmikan Museum Islam Indonesia KH.Hasyim Asy’ari, juga akan melakukan kunjungan ke beberapa Ponpes.

“Besok Selasa, 18 Desember 2018 Presiden Jokowi akan ke Jombang untuk melakukan beberapa kegiatan, termasuk di dalamnya meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari,” kata Gus Solah.

Seperti diketahui, pembangunan museum yang menelan anggaran sekitar Rp 30 Miliar ini dimulai pada 2012. Selain pemerintah pusat, pembangunan tersebut juga melibatkan Pemerintah Provinsi Jatim dan Pemkab Jombang.

Museum tersebut awalnya bernama MINHA (Museum Islam Nusantara KH Hasyim Asy’ari), namun menjelang persesmian dirubah menjadi Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari. Museum yang berdiri di atas lahan seluas 4,9 hektare tersebut terletak di kawasan makam Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) di Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. (fin).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *