137 Berkas Calon Bintara Telah Masuk di Polres Kobar

  • Whatsapp
Panitia Seleksi Salah satunya dari Senkom.(Foto: Sol).

Pangkalanbun: Kepolisian  Resort  Kotawaringin Barat (Kobar) menerima Pendaftaran Calon Anggota Polisi. Kali ini tahapannya sudah memasuki Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) tahap akhir untuk penerimaan Bintara Polri tahun 2020 bertempat di Aula Patriatama 95, dimulai dari tanggal 20 samapi 22 Agustus 2020. Selain memeriksa berkas pendaftaran, petugas juga mengukur tinggi badan dan berat badan calon Bintara Polri tersebut.

Sehari sebelum dilakukan Rikmin telah dilakukan Penandatanganan Pakta Integritas Panitia Pembantu Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A.2020. Selanjutnya dilakukan supah kepada perwakilan peserta dan panitia,  dalam sambutannya Wakapolres Kotawaringin Barat Kompol. Boni menhimbau kepada panitia supaya mempunya intetgritas, disiplin dan semangat agar mendapatkan calon Bintara Polisi yang bisa diharapkan sesuai prinsip polri ( Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis).

Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Andi Kirana,  Disampaikan  Kabag Sumda Kompol Nelson mengatakan, Polres Kobar selaku Panitia Rikmin dan Bantuan Penerimaan (Panbanrim) ditingkat Polres telah menerima berkas 137 pendaftar.  Para peserta calon Bintara Polri sebelumnya telah mendaftarkan diri secara online dan diverifikasi di Polres Kotawaringin Barat.

“Dan saat ini tahapan (Rikmin  serta Pembanrin) sudah memasuki tahap akhir, yaitu pemeriksaan kelengkapan berkas pendaftaran serta ukur tinggi badan dan berat badan masing-masing pendaftar,” Jelas Kompol Nelsen.

Mengingat pandemi covid-19 masih belum sirna, dan untuk menjaga terjadinya klaster baru penyebaran virus, peserta diwajibkan cuci tangan, pakai masker, sarung tangan dan face shield anti virus, Selain itu juga peserta diwajibkan mengikuti rapid test (bebas Covid-19) dan melampirkan bukti baik itu dari Rumah Sakit, Puskesmas dan Labkesda atau rumah sakit suwasta yang ada di Kabupaten Kobar ini. Karena saat ini masih masa pandemi Covid-19 imbuh ketua panitia

Dalam pemeriksaan kali ini, melibatkan tim internal dan eksternal. Tim eksternal berasal dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil)  dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Barat, Sedangkan tim internal dari jajaran Polda Kalteng dan Polres Kobar yaitu Bag Sumda, Si Propam, Siwas serta Senkom Mitra Polri Kabupaten Kotawringan Barat yang di wakili Solihin Efendi,

Kabag Binka polda Kalteng  AKBP Doni dalam arahannya menambahkan, bahwa seleksi penerimaan calon anggota Polri ini menerapkan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis). Untuk transparansi, jujur dan agar mendapatkan SDM yang bisa diharapkan masyarakat, karena tantangan kedepan bisa menegakkan hukum dengan baik serta bisa melayani dan mengayomi masyarakat. Selanjutnya hasil pemeriksaan akan diumumkan secara terbuka pada hari Minggu tanggal 23 Agustus 2020, sehingga yang memenuhi syarat kelenkapan administrasi berat dan tinggi badan dan dinyatakan lulus akan maju  ke tahap berikutnya mengikuti seleksi di Polda Kalimantan Tengan dan akan bergabung dengan pesrta dari seluruh Polres yang ada di kalteng. (solihin)

Related posts