Senkom Kabupaten Kotawaringin Ikuti Sosialisasi Bawaslu

0
67
Foto: (Abd.M)

Kotawaringin, Beritakotanews.com: Minggu, 11 Oktober 2020 bertempat di Hotel Aquarius sampit, Bawaslu Kabupaten kotawaringin Timur melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu Organisasi Masyarakat Sipil dan Media Massa dengan tema ‘Peran serta Masyarakat dan Media dalam pengawasan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020’

Senkom Mitra Polri Kabupaten Kotawaringin Timur yang diwakili oleh Abdul Muntholib Anwarie turut hadir dalam acara tersebut bersama Organisasi Masyarakat Sipil lainnya dan Media Massa.

Acara yang diikuti oleh ormas dan awak media tersebut dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kotim Mohammad Tohari.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kotim mengatakan bahwa suksesnya Pilkada yang berkualitas adalah tanggung jawab semua pihak oleh karena itu diharapkan adanya kesamaan pandangan tentang aturan pemilu sehingga bisa bersama-sama mengawasi pelaksanaan Pilkada ini agar berjalan tanpa adanya kecurangan.

“Kita samakan persepsi, bahwa pilkada kotim harus aman, untuk bisa aman tentu kita harus memiliki pandangan yang sama, kita penuhi aturanya dan kita jaga pelaksanaannya,” ujar ketua Bawaslu M.Tohari.

Dalam acara sosialisasi ini selain disampaikan materi dari Pihak Bawaslu selaku penyelenggara juga menghadirkan dua narasumber lainnya dari Ketua KPU kotawaringin Timur Siti Fathonah dan Ketua PWI Kotawaringin Timur Andri Rizky Agustian.

Acara kemudian diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab dengan peserta.
Dalam kesempatan itu Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah mengatakan bahwa KPU Kotawaringin Timur terus mensosialisasikan untuk mengajak masyarakat turut menyukseskan Pilkada dengan memberikan Hak Pilihnya pada saat pelaksanannya tanggal 09 Desember nanti, dan pelaksanaan Pilkada ditengah Pandemi Covid 19 ini KPU Kotawaringin Timur telah mempersiapkan tekhnis Pelaksanaannya sesuai dengan Protokol Kesehatan.

Sementara itu Ketua PWI Kotawaringin Timur Andri Rizky Agustian mengatakan tugas media massa dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada selain ikut serta mengedukasi masyarakat agar berperan aktif menggunakan hak pilihnya juga turut mengawasi penerapan aturan, termasuk dalam kewajiban menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu pers juga ikut bertanggung jawab untuk menangkal Hoax dan kampanye hitam agar Pilkada berjalan sehat dan berkualitas.(A.M.Anwarie/Sampit)