Ribuan Pembina Pramuka SPN Seluruh Indonesia Adakan Kemah Silbinas yang dibuka Oleh Wkl Kwarnas

0
356

Jogya,Beritakotanews.com: Wakil ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Kak Kinkin Suroso membuka secara resmi perkemahan silaturahim pembina pramuka nasional (Silbinas) 2019 di bumi perkemahan Dewa Ruci Bantul Jogyakarta, Kamis 21/11/2019.

Kak Kinkin dalam sambutan pembukaanya menyampaikan pesan dan harapan dari kak Kwarnas agar setelah perkemahan ini hendaknya bisa mengkonsolidasikan para pembina SPN dalam satu kesatuan sehingga tidak terkesan eksklusif.

“Semoga setelah adanya perkemahan ini bisa dilanjutkan dengan terselenggaranya perkemahan bakti(Perti) Sako dan perkemahan antar (Peran) Sako Nasional yang dapat meningkatkan persatuan,” Ujar Kak Kinkin, Bantul, Kamis 21/11/2019.

Perkemahan Satuan Komunitas (SAKO) Sekawan Persada Nusantara (SPN) yang dikemas dalam bentuk kegiatan Silaturahmi Pembina Sako SPN Tingkat Nasional (Silbinas), yang diadakan selama 3hari dari 20 sampai dengan 23 November 2019 di Bumi Perkemahan Dewa Ruci, Sanden, Bantul ini diikuti oleh 18 Kwartir Daerah (Kwarda)se-Indonesia.

“Sedikitnya ada 1.014 peserta yang mengikuti kegiatan Silbinas 2019 kai ini. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah demi menyelaraskan penyelenggaraan organisasi dan pembinaan peserta didik. Kegiatan-kegatan dalam Silbinas 2019 ini di antaranya Seminar, Lokakarya, termasuk musyawarah penyusunan standar pembinaan peserta didik. Selain itu juga dijadwalkan Bakti Masyarakat berupa penyuluhan pendidikan keluarga (parenting) dan pembagian sembako,” Ujar Kak Edwin, Ketua SPN.

Perkemahan Silbinas 2019 di Bantul yang dibuka oleh Kak Kinkin Suroso, selaku Wakil Ketua Kwartir Nasional Komisi Satuan Karya, Satuan Komunitas, dan Gugusdarma dalam sambutannya mewakili Ketua Kwartir Nasional, berharap, setelah kegiatan ini dapat mengkonsolidasi pembina SPN dalam satu kesatuan yang tidak ekslusif, namun dapat membaur dengan Pembina lainnya.

Perkemahan Silbinas 2019 yang bertema ‘Pembina Profesional Menuju Generasi Alim-Faqih, Berakhlakul Karimah, dan Mandiri’ dengan moto “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan” ini juga dihadiri oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta Kak GKR Mangkubumi beserta pejabat terkait Pemerintah Provinsi DIY dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul termasuk para pimpinan pusat Sako SPN, seperti Kak Prasetyo Sunaryo, Kak Chriswanto Santoso dan lainya.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut, Ketua Umum DPP LDII, Prof.Abdullah Syam yang didampingi para Mabipus.(fin)