Peringatan Hari Pahlawan, LDII Tanamkan Nilai Kepahlawanan dan Peduli Lingkungan,

0
27
Foto : Studi

Jakarta, Beritakotanews.com: Kutipan fenomenal, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”. Pernyataan dari Bung Karno ini mengajak segenap rakyat Indonesia untuk mengenal dan meneladani sikap para pahlawan. Dengan kata lain, untuk memajukan Indonesia dibutuhkan sikap-sikap pahlawan, yaitu sikap yang dimiliki oleh pahlawan terdahulu. Sikap-sikap ini perlu ditanamkan sejak dini pada anak-anak, agar kelak jadi orang yang berguna bagi sesama, keluarga, dan Negara, salah satunya sikap Peduli kepada lingkungan Hidup dan kehidupan.

Pada 10 November 2017 bangsa Indonesia merayakan Hari Pahlawan. Mengenang para pahlawan berarti mengenang jasa-jasa mereka, perjuangan dan pengorbanan mereka yang tanpa pamrih di medan perang. Mereka pun dikenang karena semangat juang mereka untuk membela kehidupan banyak orang. Karena itu dapat dikatakan bahwa para pahlawan selalu dikenang dalam sejarah karena spiritualitas perjuangan, keberanian dan pengorbanan yang telah mereka tunjukkan. Pahlawan berarti pejuang yang gagah perkasa.

Foto : Studi

LDII berpendapat bahwa kata ‘pahlawan’ mengandung makna yang luas. Artinya, kata ini tidak hanya berarti orang-orang yang berani berkorban membela rakyat dan bangsa di medan perang. Dengan ini, pahlawan atau pejuang yang gagah berani dapat disandang pula oleh orang-orang yang berjuang dan berkorban tanpa pamrih demi kepentingan orang banyak, termasuk dalam hal lingkungan hidup.

“Agama  secara  implisit  mengajarkan  umat  beragama  untuk  mengetahui, dan menyadari  arti  penting  menjaga  lingkungan  sehari-hari.  Karena  agama mengajarkan  setiap  umatnya  untuk  peduli  terhadap  lingkungan.  Bahwa  setiap kerusakan  alam,  lingkungan  pada  akhirnya  akan  memberikan  dampak  buruk jangka panjang kepada diri manusia sendiri,” papar Studianto Ketua PAC LDII Kelurahan Srengseng.Ahad,12/11/2017.

Utuk memperingati hari pahlawan, LDII PAC Kelurahan Srengseng, Kembangan Jakarta Barat adakan kegiatan peduli lingkungan dengan menanam seribu pohon yang dilakukan oleh anak-anak generus, dan warga LDII lainya.

Kegiatan yang mengambil tema ‘Melalui Semangat Kepahlawanan, kita selamatkan Pohon sama dengan kita menyelamatkan Oksigen, yang pada akhirnya akan menyelamatkan manusia’, berlangsung pada hari Ahad, 12/11/2017 berlokasi di hutan kota Srengseng Jakarta Barat.

Foto : Studi

“Kegiatan dalam rangka memeriahkan hari pahlawan yang diadakan di Hutan Kota Srengseng Jakarta Barat, di ikuti oleh kurang lebih 650 caberawit, remaja dan orangtua, dengan berbagai kegiatan olahraga, menanam 1000 pohon dan permainan,” Jelas Stu.

Ketua PAC LDII Kelurahan Srengseng,  Studianto selanjutnya mengatakan, hari pahlawan ini merupakan penghormatan bagi mereka yang dengan harta, benda, jiwa, dan raganya berjuang melawan penjajahan.

LDII, dalam pandangan studianto bisa tetap berperan aktif mengisi pembangunan dengan konsep masyarakat berbasis lingkungan hidup. Di mana LDII dan pemda bermitra dalam pembangunan lingkungan dengan menumbuhkan karakter sejak usia dini,  Karena LDII mampu menyentuh masyarakat pada tataran bawah. (A-3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini