Pemerintah Kabupaten Karanganyar Mulai Salurkan Ribuan BST dari Jalur Pos

0
84
Bupati Karanganyar, saat meninjau pelaksanaan Pembagian BST (foto: Ari).

Karanganyar-Beritakotanews.com: Di Tengah Dampak Wabah Virus Covid-19 Pemerintah Kabupaten Karanganyar Mulai Salurkan Ribuan BST dari Jalur Pos

Salah satu penerima bantuan, Sugidiyoso, (51), mengatakan proses pencairan bantuan yang dia alami tidak melalui proses yang lama.

“Prosesnya cepet ga lama, yang memang dapet undangan, langsung dateng, langsung dikasih, kecuali kalau pas banyak, kita disuruh antri dengan jarak, tapi kalo pas ga barengan banyak yang lain, ya cepet,” ujar Sugidiyoso, Selasa,12/5/2020.

Kementerian Sosial mulai meyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) melalui jalur PT Pos Indonesia kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Karanganyar Selasa (12/5/2020). Penyaluran bantuan melalui Pos dilakukan dengan cara mengundang penerima bantuan ke kantor masing-masing desa.

Pantauan beritakotanews.com Selasa pagi di Balai Desa Kebak, Jumantono, Karanganyar, kegiatan penyaluran sudah aktif berjalan pada pukul 10.00 WIB. meskipun metode yang digunakan mengundang penerima ke satu tempat, namun tidak terlihat antrean berdesak-desakan saat proses penerimaan bantuan.Pengamanan dilakukan dengan cara ketat termasuk penataan kursi antre dengan jarak sekitar 1 meter antar orang.

Mereka yang dipanggil namanya kemudian maju dan menunjukan kartu tanda pengenal (KTP) kepada petugas yang mendata. Setelah itu, wajah penerima kemudian difoto untuk memverifikasi penerima bantuan sebagai bukti. Penerima yang sudah melalui proses tersebut kemudian diberikan uang sebesar Rp600.000.

Senada dengan Sudigiyoso, wanita paroh baya yang tidak mau disebutnamanya penerima bantuan, kepada Beritakotanewa.com mengatakan, proses pencairan bantuan yang dia alami tidak membutuhkan waktu lama. Dia mengaku hanya perlu menunjukan KTP dan kemudian diberikan uang tunai dengan nilai yang sudah diumumkan.

“Tadi mudah kok, tidak ribet. Perasaannya senang dapat bantuan ini. Tadi langsung diberikan uang tunai,” ucap dia sambil menunjukan uang yang dia terima.

BST Jalur Pos di Karanganyar

Penerima lainnya, Ngatno, juga mengatakan senang dapat bantuan tunai yang dia dapatkan, ketika ditanya mau buat apa, ia ingin digunakan untuk membeli kebutuhan sehari hari. Pasalnya, dia mengaku, setelah adanya Covid-19, usahanya sepi.

“Nanti uangnya di gunakan untuk membeli sembako karena sejak dampak covid-19 usahanya juga sepi,” ucap dia.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki, mengatakan penyaluran BST melalui dua jalur yaitu empat bank Himbara sebanyak 2.978 KPM, dan melalui Kantor Pos sebanyak 14.721. Penyaluran bantuan akan dilakukan selama tiga bulan dan diselesaikan secara bertahap.

“Ya ini tadi serentak seluruh Karanganyar mulainya, tapi kami selesaikan bertahap karena tidak mungkin satu hari selesai,” kata Basuki.

Juliyatmono, Bupati Karanganyar kepada awak media mengatakan selain menyalurkan BST, pemerintah juga sudah mulai menyalurkan perluasan bantuan sembako. Sebanyak 17.358 keluarga mulai disalurkan Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS).

“Nanti bantuannya diberikan selama sembilan bulan. Nominalnya Rp200.000 tapi wujudnya sembako. Saya harap sebelum lebaran semua jenis bansos sudah terdistribusi,” ucap Bupati Karanganyar, Selasa 12/5/2020.

Penulis: Ari Karanganyar.