Peduli Bencana, Senkom Mitra Polri Beri Bantuan Logistik

0
212

Keberangkatan tim rescue Senkom Mitra Polri ke lokasi bencana bukan hanya lenggang, beratus kardus makanan siap saji dan kebutuhan yang diperlukan para korban, telah siap didistribusikan, lanjutnya.

“Bantuan logistik dari daerah asal untuk korban gempa Sulbar secara spontan terkumpul dengan jumlah yang cukup banyak. Dari mulaibmakanan siap saji hingga kebutuhan lain yang diperlukan. Selain itu para relawan yang berangkat memiliki berbagai spesifikasi keahlian khusus seperti pertolongan pertama, evakuasi, mekanikal elektrikal, dan dapur umum. Rata-rata mereka sudah berpengalaman saat terjadi bencana di Palu, Sigi dan Donggala,” Kata Arjanto.

Ketua Senkom Mitra Polri Sulawesi Barat H Arjanto ST MT mengatakan ia menyiapkan tenaga relawan sejak hari pertama pasca gempa, Senkom Rescue fokus di tempat pengungsian. Antara lain pendataan pengungsi, dapur umum, penyediaan air bersih, koordinasi dengan BPBD, TNI, Polri, PMI, Potensi SAR, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat.

“Alhamdulillah semua berjalan dengan baik, komunikasi dan koordinasi dengan Senkom Pusat, Senkom Mitra Polri se-Sulawesi Barat dan Senkom Mitra Polri se-Sulawesi dalam penyaluran bantuan logistik tidak mengalami kendala,” kata Arjanto.

Sementara itu, Herman Tim Senkom Rescue Mamuju menyampaikan, setelah dapur umum di tempat pengungsian kondusif, selanjutnya mengerjakan tugas lain.

“Ada yang membantu mendirikan Tenda Pos Koordinasi di area kantor gubernur, sebagian anggota ada yang terus melaksanakan membantu perbaikan rumah warga, assessment dan Trauma healing kepada anak-anak di tempat pengungsian, semua di bawah komando Ketua Senkom Mitra Polri Sulawesi Barat dan Alhamdulillah komunikasi lancar,” urainya.

Hal serupa juga dilakukan Senkom Mitra Polri Kabupaten Tabalong yang bekerjasama dengan Senkom Mitra Polri Hulu Sungai Tengah menyalurkan bantuan kepada korban banjir di kota Barabai Kab Hulu Sungai Tengah berupa sekitar 700 nasi bungkus dan sembako, bantuan di serahkan ke posko setempat yang kemudian di bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan (red).