Mewujudkan Ukhuwah, DPD LDII Kota Adm Jakarta Timur Bagikan 15000 Kantong Daging Kurban

0
114
Thonang Effendi, Wakil ketua DPD LDII Kota Adm Jakarta Timur Bagikan Daging Kurban kepada Masyarakat Pasar Rebo.

Jakarta, Beritakotanews.com: Sejatinya Hari Raya Idul Adha adalah perwujudan keteladanan Nabi Ibrahim yang ikhlas dan taat pada perintah Allah SWT untuk menyembelih anak semata wayangnya Nabi Ismail yang akhirnya Allah mengganti Nabi Ismail dengankambing gibas.

Sejak itulah umat Islam diperintahkan untuk menyembelih hewan Kurban setiap tanggal 10 Dzulhijah. Begitu juga yang dilakukan warga LDII di seluruh Indonesia secara serentak melakukan pemotongan hewan Kurban dari tingkat DPP sampai tingkat PAC. Tidak terkecuali, warga DPD Kota Jakarta Timur juga melakukan hal yang sama.

Mengingat besarnya pahala Kurban, dan untuk meraihnya pada praktiknya warga LDII ditanamkan untuk rajin menabung bersama disetiap majelis taklim khusus untuk berkurban dan ketika hari raya idhul adha tiba uang tabungan tersebut digunakan untuk membeli hewan kurban. Setelah hewan kurban disembelih, dagingnya dibagikan kepada masyarakat sekitar lingkungan majelis taklim.

Thonang Efendi, wakil ketua DPD LDII Kota Adm Jakarta Timur dalam sambutan pengantar dalam acara pembagian daging kurban, Ahad,03/09/2017 menjelaskan, kegiatan membagikan daging kurban oleh LDII setiap tahunnya dilakukan dengan beragam cara, jika tahun lalu dilakukan dengan sepeda motor yang disebut Kafilah Motor di DPP LDII, tahun ini LDII membagikan daging kurban dengan cara memberikan langsung kepada masyarakat di setiap PAC LDII dengan cara jemput bola atau disebut juga dengan berbagi daging kurban.

“Kegiatan berbagi daging kurban juga dilakukan oleh DPD LDII Jakarta Timur yang menyiapkan 15000 kantong daging kurban,” Jelas Thonang.

Foto bersama usai acara pembagian Daging

Thonang selanjutnya menjelaskan, menurut data yang dihimpun telah menyembelih 710 sapi dan 695 kambing. Di Hari Raya Idul Adha 1438 H kemarin, Pimpinan Cabang, Lembaga Dakwah islam Indonesia (PC LDII) Kec. Pasar Rebo menggelar acara Berbagi Daging Kurban yang mengundang Pejabat setempat mulai dar itingkat RT, RW, Polsek Pasar Rebo, MUI Kecamatan Pasar Rebo, Koramil dan Dewan Mesjid Indonesia kecamatan PasarRebo.

Dalam Berbagi Daging Kurban pada Ahad, 03/09/2017, PC LDII Kec. Pasar Rebo menyediakan 1000 kantong daging yang diserahkan kepada warga sekitar lingkungan majelis taklim, Komunits Ojek dan Warga Korban Banjir.

Sebelum pembagian daging dimulai, Thonang Effendi mengatakan, acara ini merupakan bagian dari program 3K LDII yakni Karya, Komunikasi dan Kontribusi, pembagian daging kurban ini juga merupakan wujud nyata kepadulian LDII kepada warga sekitar dengan harapan terwujudnya Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Basariyah, dan Ukhuwah Wathoniyah antar umat beragama untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Berbagi Daging Kurban, bagi LDII seperti ini sebenarnya sudah rutin setiap tahun, dan ini terjadi diseluruh cabang LDII di Indonesia. Untuk PC Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur, kami membagi 1000 bungkus, insa Alloh masyarakat sekitar kebagian semua.” Jelas Thonang Efendi, Wakil Ketua DPD LDII  Kota Adm Jakarta Timur, Ahad,03/09/2017. 

Hadir pada acara tahunan ini MUI Kecamatan Pasar Rebo yang diwakili sekteris H. Dwi. Menurutnya gagasan positif ini adalah wujud nyata ukhwah Islamiyah yang baik dan telah terealisasi di Kecamatan Pasar Rebo yang memang sebagian besar adalah masyarakat heterogen. Dengan program 3K (Karya, Komunikasi dan Kontribusi) LDII ini dapat menjadi sarana pemersatu bangsa.

“Saya atas nama masyarakat dan MUI sangat mengapresiasi kegiatan LDII. ini merupakan dakwah bilhal yang dilakukan oleh LDII,” Kata H. Dwi.

H.Dwi yakin, dengan berbagi daging kurban ini bukan hanya masyarakat fakir miskin yang mendapat manfaat tapi kita semua juga mendapatkan manfaatnya. Turut hadir, jajaran Polsek Pasar Rebo yang diwakili oleh Aiptu Asep dan Aiptu Tharmin(A-3).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini