Maraknya Berita Hoax, Ketua Umum Senkom, Katno Hadi Adakan Diklatnas bagi Anggotanya

0
1614

Jakarta, Beritakotanews.com: Era Globalisasi yang ditandai dengan kebebasan bermedia sosial di Indonesia membuat banyak informasi yang ditulis dan di sebar luaskan di berbagai media meski berita tersebut benar adanya tetapi banyak juga informasi berita yang ditulis dan disebar luaskan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab sehingga menjadikan berita hoax.

Ketua Umum Senkom Mitra Polri H.Katno Hadi SE, menyampaikan hal tersebut di depan ratusan peserta acara Diklatnas yang diadakan oleh Senkom untuk para anggotanya.

“Senkom Mitra Polri mengadakan kegiatan Diklatnas adalah dalam rangka rasa prihatinnya tentang banyaknya berita hoax, keadaan media sosial yang ada ditengah-tengah nasyarakat yang menimbulkan keresahan bahkan tidak sedikit gara-gara berita hoax terjadi ketidak rukunan sesama masyarakat,”

Adapun yang dimaksud dan tujuaan diklatnas disini, lanjut H.Katno, adalah mereka anggota Senkom yang sudah menerima latihan bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar bisa aktif di medsos untuk turut mengingatkan kepada masyarakat agar selalu mau cros cek terhadap berita yang diterimanya, sehingga akan meminimalisir konflik gara-gara berita hoax.

Pada hari Rabu-jumat, 5 – 7/2020, Senkom Mitra Polri mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas SDM bagi anggotanya yang bertempat di aula Ponpes Minhaajurrosyidiin, Lubang Buaya Jakarta Timur yang diikuti oleh ratusan peserta dari 34 Provinsi se Indonesia, diisi dengan berbagai materi tentang jurnalistik dan medsos, serta pengetahuan umum mengenai kamtibmas.

Hadir sebagai narasumber H.Untung Maulana, wakil Ketua Umum Senkom Mitra Polri yang menyampaikan tentang Agitasi dan Propaganda. Nandang Suhendar, Brigjen Pol Edi Mulyadi, M.Sirot dan lainya.

Dalam pelatihan ini peserta juga dibekali ilmu cara menulis berita oleh Arifin Rusydi, pemimpin redaksi harian Suara Tangsel, wartawan senior yang sudah sejak lama menggeluti bidang media.

Dalam sambutan penutupan Diklatnas Senkom Mitra Polri, H.Katno Hadi, menyampaikan amanahnya dengan terbentuknya pasukan khusus yang sudah dibekali dengan keahlian khusus maka kedepan Senkom Mitra Polri sudah siap untuk mempublikasikan informasi positif di masyarakat.(Kurniawan).