Ketum MUI dan Walikota Jakarta Barat Tarweh Bareng Gubernur di Assahara

0
59
Gub.Usai Solat Isa Berjamaah di Jakbar. (Foto : Jad)

Jakarta, Beritakotanews.com: Pemerintah Kota Adm Jakarta Barat pada Jumat,25/6/adakan buka puasa bersama dengan masyarakat yang sekaligus santunan yatim piatu dan du’afa.

Acara buka puasa bersama yang mengambil thema, ‘BulanRomadhon Bulan Kebersamaan’ ini menghadirkan KH. Munahar Muchtar HS, Ketua Umum MUI Kota Adm Jakarta Barat sebagai Penceramah, yang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, meski terlambat datang.

Anis Baswedan, dalam sambutan sebelum melaksanakan sholat Isa berjamaah mengajak kepada masyarakat Jakarta Barat untuk bisa meniru Jakarta Timur yang memanfaatkan limbah air wudu di daur ulang sehingga bumi tetap terjaga.

KH. Munahar Muchtar HS, Ketum MUI saat menjadi Penceramah di acara Bukber bersama Gubernur di Masjid Assahara Komplek Walikota Jakbar,( Foto : Jad)

Di Jaktim terdapat Masjid yang menjadikan air wudhlunya didaur ulang dimasukkan kembali kedalam bumi semenjak 2004, Karena tanah kita di Jakarta turun setiap tahunnya 7cm, jadi bisa dibayangkan berapa meter jika 10 tahun, jadi tidak heran bila di pesisir Jakarta terutama di Jakarta Barat banyak rob yang masuk, khususnya di pesisir pantai Jakarta turunnya 20 cm per tahun.

“Apakah kita semua mau mewariskan kota Jakarta turun 2 meter kepada anak cucu kita, itu karena airnya disedot dari dalam tanah kemudian digunakan dan bukan diolah dikembalikan kedalam tanah, akan tetapi dibuang ke pembuangan air sungai untuk selanjutnya dialirkan ke laut. Sehingga lama kelamaan tanahnya tidak ada airnya. Jadi air lautnya yang naik permukaan tanahnya turun,” Urai Gubernur DKI, Anis Baswedan, Jumat, 25/5/2018.

Foto : Jad

Anis selanjutnya berharap kantor walikota menjadi contoh penggunaan air sebagai sahabat bumi. “Di Jakarta terdapat 9.000 lebih mushola dan masjid, kalau ini bisa diolah dengan baik penggunaan airnya sebagai sahabat bumi, tentu ini warisan yang bermanfaat bagi generasi mendatang,” Tegas Anis.

Sebelum menguraikan tentang sahabat bumi, Anis terlebih dulu menyampaikan tentang keadilan, dimana Jakarta yang nota bonenya sebagai ibukota Indonesia, tentu Jakarta bukan milik segolongan masyarakat saja, tetapi milik masyarakat Indonesia, termasuk mereka yang belum makmur.

Anis mencontohkan Jalan Tamrin yang hanya boleh dilewati kendaraan roda 4, padahal pengguna roda dua juga ada hak untuk bisa melewatinya.

Turut hadir pada acara buka puasa dan santunan yang diselenggarakan di Masjid Assahara komplek kantor walikota Jakarta Barat, ketua DPD LDII Kota Adm Jakarta Barat, H. Jasa Dermawan dan beberapa ormas yang diundang.(Isk).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini