Kawasan Monas Akan Menjadi Ajang Balap Mobil Formula E

0
58

Jakarta, Beritakotanews.com: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap mobil listrik atau Formula E, event tersebut akan digelar di kawasan Monas, Jakarta

“Insyaallah kita selenggarakan bukan hanya satu tahun, kita alhamdulillah mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah lima tahun berturut-turut,” kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Jakarta akan menjadi tuan rumah lomba balap ini pada 6 Juni 2020. Dan Kawasan Monas akan dijadikan lintasan balap Formula E atau Jakarta E Grand Prix.

“Detail track belum dituntaskan, akan diumumkan kemudian, yang jelas digelar di kawasan Monas ini,” ucap Anis.

Anies juga menyebut, Pemprov DKI Jakarta menunjuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dalam pelaksanaannya. Anis juga berjanji, pembangunan lintasan Formula E di Monas tak akan mengorbankan pohon-pohon yang ada.

Formula E terkenal sebagai ajang balap mobil listrik yang menggunakan jalanan perkotaan sebagai arena balap. Selain itu balap mobil ini telah digelar sejumlah kota besar di dunia.

Anies menganggap acara ini menjadi salah satu cara Jakarta menginisiasi penggunaan kendaraan bebas emisi. Ia menyebut kendaraan bebas emisi adalah masa depan transportasi dunia.

“Yang menarik, menjadi tuan rumah balap Mobil formula E untuk mengirimkan pesan pada semua, masa depan transportasi adalah transportasi bebas emisi,” tutur Anis saat melakukan konferensi pers di kawasan lapangan silang Monas, Jumat (20/9/2019).