Kabintal Kodam Jaya & Tiga Pilar Kec. Palmerah Hadiri Sosialisasi Hari Lahir Pancasila Yang Digelar Koramil 03/GP Palmerah,

0
43
Foto : Sol

Jakarta, Beritakotanews.com: Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila ke-73 yang jatuh tepat pada hari Jum’at ini (01/06/2018), Koramil 03/Grogol Palmerah Kodim 0503/Jakarta Barat menyelenggarakan acara bertajuk “Sosialisasi Dalam Rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018” di Gedung Sasana Krida Karang Taruna Kelurahan Jati Pulo, Kecamatan Palmerah.

Kegiatan Sosialisasi diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Ibu Sekar Ayu, S.Pd.

Seluruh peserta acara yang terdiri dari anggota Mitra Jaya Jajaran 37 Kelurahan Jati Pulo Koramil 03/GP, RT, RW, LMK, FKDM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan pelajar ini begitu antusias dan semangat menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmat dan oenuh semangat.

Kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Danramil 03/GP Kapten Inf. Jefriansen Sipayung, SE selaku penggagas acara yang meminta agar seluruh peserta acara senantiasa menghayati & mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila serta menyimak yang nanti akan disampaikan oleh para narasumber terkait dengan Pancasila.

Dalam acara sosialisasi ini dihadiri Kepala Pembinaan Mental (Kabintal) Kodam Jaya Kolonel Inf. Sarwoyadi, Camat Palmerah Zeri Ronazy, SH, MM. Pem, Kapolsek Palmerah yang dalam hal ini diwakili oleh Iptu Sularno, narasumber Drs. Suhendra Widjaja, S.Pd, personil Babinsa Koramil 03/GP serta Ketua Mitra Jaya Koramil 03/GP Hery Triyatna.

“Saya selaku Kepala Bintal Kodam Jaya mengapresiasi kepada seluruh peserta yang telah diringankan langkahnya sehingga bisa hadir untuk sama-sama bisa berdiskusi dalam kegiatan sosialisasi hari lahirnya Pancasila yang tentunya memiliki tujuan positif apalagi di bulan Ramadhan ini setiap kebaikan ibadah dilipatgandakan (pahalanya) dari Allah SWT”, tegas Kabintal Kodam Jaya Kolonel Inf. Sarwoyadi.

“Pancasila selain sebagai dasar negara juga sekaligus sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara, Kita sebagai bangsa Indonesia tidak bisa lepas dari Pancasila. Karena Pancasila adalah perekat bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, adat, budaya dan agama”, tambahnya.

Peserta yang hadir sebagian besar adalah merupakan warga Kelurahan Jati Pulo tampak menyimak sambutan dan arahan Kabintal Kodam Jaya.

“Kita galakkan kembali Pancasila agar menjadi lebih hidup kembali, sehingga Pancasila bukan hanya sekedar slogan belaka, itu harapan Kita dalam berbangsa & bernegara”, pungkas Drs. Suhendra Widjaja selaku narasumber yang memaparkan sejarah historis lahirnya Pancasila.

“Berdasarkan (Ketetapan) Tap MPR No.II/MPR/Tahun 1978 Pancasila terdiri dari 36 butir dan selanjutnya berdasarkan Tap MPR No. I/MPR/Tahun 2003 terdiri dari 45 butir”, imbuhnya

Paparan tentang sejarah Pancasila ditampilkan dalam bentuk slide dari led projector, terlihat diskusi dan interaksi antara narasumber dan peserta, hingga narasumber melempar pertanyaan kepada peserta mengenai cita-cita bangsa yang ada dalam Pembukaan UUD 1945.

“Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”, tandas Sri, siswi SDN 05 Jati Pulo yang menjawab pertanyaan narasumber dengan tepat & lantang.

“Saya meminta maaf atas keterlambatan Saya kepada seluruh peserta yang hadir dikarenakan tadi upacara di Kantor Walikota Jakarta Barat dilanjutkan dengan Rapim, Bapak Walikota mengecek siapa saja pejabat yang tidak hadir dalam upacara tadi, apabila tidak hadir disebut sebagai Non Pancasilais”, tutur Camat Palmerah Zeri Ronazy.

“Saya mengapresiasi dengan adanya acara sosialisasi Pancasila ini, karena di zaman saya sekolah hingga menjadi PNS wajib ikut penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila), Saya setuju sekali agar penataran P4 diadakan kembali agar Kita semua bisa berpedoman kepada Pancasila”, tukas Camat Palmerah.

“Saya mengapresiasi acara Sosialisasi Hari Lahirnya Pancasila sebagai dasar negara serta sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dalam berbangsa dan bernegara”, ucap Iptu Sularno yang mewakili Kapolsek Palmerah.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar yang disampaikan oleh Danramil 03/GP Kapten Inf. Jefriansen Sipayung dan diikuti oleh seluruh hadirin. (Sol).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini