Hingga Mei 2020, Rp.135 Triliun Dana Haji Dikelola oleh BPIH, Siapa yang Menikmatinya

0
418
KH.Zasnut Tauhid Wakil Mdnteri Agama bawah saat webinar nasional (Foto: Fin).

Jakarta, Beritakotanews.com: Dana haji ratusan triliun yang dikelola oleh Badan Pengelola Dana Ibadah Haji (BPIH) banyak dipertanyakan oleh peserta webinar nasional yang diselenggarakan oleh SPS UHAMKA Prodi Manajemen S2 angkatan 42.

Banyak masyarakat calon jamaah haji yang tidak tau jika uang yang terkumpul mencapai ratusan triliun dan dikelola oleh BPIH itu menghasilkan keuntungan.

Untuk menjawab hal itu, pemerintah yang diwakili oleh KH.Zaenuttauhid wakil menteri Agama, yang menjadi nara sumber pada webinar nasional ini menjelaskan bahwa salah satu manfaat yang diperoleh dari keuntungan pengelolaan dana ini memberikan potongan biaya perjalanan haji hingga 50persen.

“Riil biaya haji mencapai Rp.70 juta, namun jamaah hanya cukup setor awal Rp.25 juta, dan pelunasan Rp.10jt. Sehingga calon jamaah haji total hanya Rp.35jt saja, dari mana sisanya, jelas dari subsidi pemerintah dan hasil optimalisasi dana setoran tersebut,” Jelas KH. Zaenut Tauhid.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr.H.Rahmat Hidayat, anggota BPIH yang juga hadir sebagai narasumber memberikan pencerahan kepada para peserta webinar nasional ini.

Dalam penjelasanya, ketua panitia penyelenggara webinar nasional yang bertemakan ‘Manajemen Penyelenggaraan Ibadah Haji Menuju Kemandirian’ mengatakan bahwa webinar nasional ini diikuti oleh 300 peserta secara nasional dengan latar belakang peserta dari berbagai profesi.

“bahwa sesuai dengan database para peserta, Peserta yang mengikuti acara ini memiliki beragram latar belakang yang luar biasa, dan rata-rata memiliki latar belakang dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umroh, seperti KBIH, Travel Haji dan Umroh, Pakar Pendidik, dll,” Ujar Firman M.A.A.

Webinar Nasional yang dimoderatori oleh Dr.H.Sarji, MPd. yang diselenggarakan oleh SPS UHAMKA Prodi Manajemen S2 angkatan 42 ini memberikan banyak informasi tentang kebijakan publik terkait dengan Penyelenggaraan Haji dan Umroh khususnya di Indonesia dengan menghadirkan narasumber yang sangat kompeten, yaitu dari kementerian agama RI, KH.Zainuthohid, wakil msntwdi Agama, dari BPIH Dr. Rahmat Hidayat, Anggota Dewan RI,  serta dari Amphuri, H.Imam Bhasori, Wakil Ketua Umum.(fin).