Harga Bahan Makanan Usai Lebaran di Pasar Tradisional Dijamin Stabil, Tidak Ada Lonjakan

0
258
Foto : Ist

Jakarta, Beritakotanews.com: Menteri Perdagangan memastikan tidak ada kenaikan harga bahan makanan di pasar tradisional, namun bila ada kenaikan hal itu masih dalam batas wajar dan disebebkan oleh beberapa faktor. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan tidak terjadi lonjakan harga signifikan terhadap beberapa bahan kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional. Sebagaimaian dilansir tirto.

“Ada sedikit kenaikan karena cuma satu dua pedagang yang baru buka, tapi itu jauh di bawah kondisi tidak normal pada tahun-tahun sebelumnya. H+1, H+2, dan H+3 di tengah kondisi belum buka semua, lonjakannya biasanya tinggi sekali dan ternyata ini juga tidak terlalu tinggi,” kata Enggartiasto,Bandung, Rabu, 28/06/2017.

Diakuinya, usai melakukan pengecekan ke sejumlah pasar, terjadi kenaikan beberapa harga bahan pangan yang dipicu belum normal aktivitas perdagangan di pasar. Namun, kata dia lagi, kenaikan itu masih dalam batas wajar, serta disebabkan oleh beberapa faktor yang masih bisa ditoleransi.

“Mengenai harga sampai dengan hari ini pasokan merata terutama di daerah-daerah itu tetap terjaga,” kata Mendag, saat meninjau Pasar Cihapit Kota Bandung.

Menurut Mendag, kesadaran pedagang yang mulai tumbuh juga menjadi salah satu faktor harga bahan pokok tidak tinggi. Mereka yang telah kembali berjualan, tidak tergiur untuk memanfaatkan situasi ini.

Selain itu, peran serta dari Satgas Pangan dalam menjaga stabilitas harga, patut diapresiasi, terlebih kenaikan harga kebutuhan pokok pada lebaran kali ini tidak terlalu melonjak tajam seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Semua bisa terkendali dan ibu-ibu bisa tersenyum bahagia, tidak terbebani oleh pengeluaran yang tidak perlu,” kata Mendag pula. (tirto), (N-3).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Captcha loading...