Bupati Ciamis Apresiasi Pabrik Krupuk UD.Bintang, Ini Ceritanya

0
589
Ust.H.Kemal Pemilik UMKM Pabrik Krupuk UD.Bintang(Foto: Fahr).Ciamis,Beritakotanews.com: H.Kemal, pria yang baru berusia menginjak 45an tahun dari Ciamis Jawa Barat akhir-akhir ini menjadi buah bibir perbincangan di sosmed, pasalnya diusia yang masih relatif muda sudah mampu menopoang perekonomian warga masyarakat di sekitar kabupaten Ciamis dengan mendirikan pabrik krupuk olahannya.

Pabrik krupuk dengan merek dagang UD.Bintang yang didirikanya sejak tahun 1919 mampu merekrut ratusan tenaga disekitar kabupaten Ciamis dan bisa berkembang merambah ibukota Jakarta pada tahun 2002.

Sebelum adanya wabah pandemi corona, pabrik krupuk yang didirikan H.Kemal dianggap biasa-biasa saja, hal ini mungkin warga masyarakat maupun pemerintah menganggap ya biasa-biasa saja.

Bupati Ciamis bersama camat dan rombongan saat kunjungi UMKM pabrik krupuk milik Ust.H.Kemal, foto bersama keluarga(foto: Ist).

Namun saat ini dimana wahab pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia memporak porandakan seluruh sendi-sendi kehidupan, mulai dari sendi kesehatan, sosial kemasyarakatan hingga perekonomian yang membuat hampir seluruh pabrik terutama klaster UMKM gulung tikar.

Namun dengan keuletan dan kegigihan serta rajinnya berdoa kepada Alloh, Ust.H.Kemal mampu mempertahankan roda kehidupan pabriknya meski digempur oleh pandemi covid-19 yang sangat dahsyat ini.

“Alhamdulillah berkat pertolongan Alloh dan rizqinya masyarakat Ciamis yang masih mau semangat berusaha, pabrik ini masih tetap eksis meski disaat perekonomian sedang lesu akibat adanya pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini,” Ujar Ust.H.Kemal, kepada Beritakotanews.com, saat mendampingi ketua umum MUI Provinsi DKI Jakarta yang sedang melakukan ritual muhasabah musyafir untuk menggalang doa dimakam-makam keramat serta para Ulama khos dan para habaib,7/8/2020.

Kegigihan Ust.H.Kemal dalam mempertahankan roda UMKMnya berupa pabrik Krupuk Bintang, akhirnya didengar oleh Bupati Ciamis.

Dengan membawa rombongan yang terdiri dari staf dan beberapa SKPDnya serta camat setempat, Bupati Ciamis Dr.Herdiat Suraya,MM kunjungi Pabrik Krupuk UD.Bintang milik Ust.H.Kemal yang berlokasi di Sindangsari, Ciamis Jawa Barat.

“Ini sungguh luar biasa, dan pantas untuk mendapat apresiasi dari pemerintah  mengingat sebagian masyarakat dipenjuru negeri ini sedang kolep akibat ekonominya porak poranda karena dampak adanya pandemi covid-19, UMKM pabrik krupuk ini justri terus merekrut tenaga untuk usaha dengan jualan krupuk, kami sangat mengapresiasi ini, karena ini sangat membantu dalam perputaran roda perekonomian masyarakat sekitar khususnya,” kata Herdiyat Suraya Bupati Ciamis saat mengunjungi pabrik krupuk milik Ust.H.Kamal.

Kehadiran rombongan Bupati ke Pabrik krupuk UD.Bintang yang saat itu diterima oleh pihak  keluarga, mengingat Ust.H.Kemal sedang berada diluar kota, namun tidak mengurangi rasa hormatnya kepada tamu yang hadir, karena memang untuk pengelolaan di Ciamis ditangani oleh Istrinya bersama karyawan lain, sementara H.Kemal sendiri pegang yang di Jakarta.

“Alhamdulillah pabrik bisa dikembangkan didaerah lain, sehingga bisa lah untuk membantu menopang  perekonomian warga masyarakat sekitar,” Ujar Ust.H.Kemal.(fin).