Agung Fernando, Penggiat Kemandirian Ekonomi Masyarakat Miskin

0
492
Agung Fernando,SH. (Foto : Dea)

Jakarta-Beritakotanews.com: Mengutip Zahradelita wordpress, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah alias UMKM, memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia karena berdampak langsung pada masyarakat. UMKM juga menjadi sarana untuk meratakan tingkat perekonomian rakyat. Untuk mendukung peningkatan UMKM, pemerintah pun punya kementerian khusus yaitu Kementerian Koperasi dan UKM.  Persoalan kemiskinan merupakan persoalan klasik dan kenyataan kompleks dan bersifat multidimensi yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia. Demikian disampaikan Agung Fernando, SH, penggiat kemandirian ekonomi masyarakat bawah.

(Foto : Dea)

“Kemiskinan bersumber dari ketidakberdayaan dan ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi hak-hak dasar, perlu adanya orang yang mau menuntun, membimbing dan mengarahkan serta memberi bantuan, agar kemiskinan bisa di entaskan,” Kata Agung.(Jumat,4/5/2018).

Disela-sela kesibukannya sebagai tenaga ahli anggota dewan, Agung Fernando dengan tim relawannya melakukan tuntunan langsung kepada masyarakat melalui kegiatan bakti sosial kepada masyarakat dengan memberikan pengetahuan, tuntunan maupun sembako, setiap hari Jumat.

Foto : Dea

“Terkait dengan konteks strategi penanggulangan kemiskinan, yang patut dipahami adalah bahwa kemiskinan tidak hanya diukur sebatas ketidakmampuan ekonomi tetapi juga karena tidak terpenuhinya hak-hak dasar, seperti  sandang, pangan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perumahan, air bersih, pertanahan, sumberdaya alam,rasa aman,” Ujarnya.

Agung Fernando,SH yang bercita-cita mengentaskan kemiskinan di Jakarta, sudah dirintisnya sejak tahun 2009 hingga kini. Menurutnya untuk mengentaskan masyarakat miskin di Jakarta khususnya, perlu perlakuan yang sama dalam menjalani kehidupan, yaitu secara bermartabat juga hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial ekonomi dan politik, tutup Agung.(Ar-3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Captcha loading...